CONTOH WIRAUSAHA SOSIAL

 


GARDENFY MULITFUNCTION

By : Yasinta Devi 

           Setelah mengamati masalah sosial yang ada di lingkungan saya, yang mayoritas memiliki halaman rumah tanah alami namun tidak dimanfaatkan, ditambah lagi mayoritas penduduk disini bekerja sebagai petani, halaman tadi dapat dimanfaatkan dengan menanam tanaman, baik itu untuk diri sendiri maupun peluang usaha,hal ini dapat menambah nilai guna tanah dan penghasilan.

            Wirausaha sosial yang saya angkat adalah gardenfy multifunction, kebun keluarga serba guna, bisa dimanfaatkan untuk taman bunga dan tanaman hias, taman obat, tanaman bumbu dapur dll. Wirausaha ini termasuk jenis wirausaha inovatif berbasis sosial dan lingkungan hidup (WIBSL), karena memberdayakan masyarakat dan lingkungan hidup.

            Berhubung dengan sebagian besar rumah di desa saya memiliki pekarangan rumah yang lumayan luas jadi dapat dimanfaatkan untuk kegiatan berkebun seperti, bunga, tanaman obat, tanaman bumbu dapur.Bagi yang pekarangan rumah yang sempit dapat di memamfaatkan polybag, atapun sampah plastik rumah tangga, seperti bekas kemasan minyak goreng,detergen, botol air bekas dan kaleng cat ataupun kaleng susu, dll.Kegiatan ini dapat diikuti semua umur, baik itu anak-anak, remaja,ibu-ibu, ataupun bapak-bapak.

Hal ini diharapkan dapat menambah nilai guna tanah yang kosong. Selain hasilnya dapat dimanfaatkan sendiri,  juga dapat menambah penghasilan dengan menjual hasil pembibitan ataupun hasil tanam.

            Program ini terdiri dari sosialisasi program,pelatihan, pendampingan, perluasan jaringan usaha, dan pengembangan usaha.Program ini akan disosialisasikan dahulu kepada tetangga-tetangga dekat rumah, sebelum itu, saya menambah wawasan terlebih dahulu mengenai jenis tanaman dan manfaat, dan cara pemberdayaan, lalu mencari relasi, dan memulai sosialisasi.

            Saya berencana dalam program ini akan memanfaatkan tanaman hias, bunga, tanaman obat, dan tanaman bumbu dapur. Contohnya budidaya tanaman jeruk purut, serai, seledri, jahe,tanaman buah jeruk, singkong, pandan, markisah, dan aneka tanaman bunga dan obat.

            Tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk konsumsi sendiri maupun di jual-belikan, seperti pemanfaatan singkong, untuk dibuat keripik, dan pemanfaatan jahe untuk pembuatan ekstrak jahe bubuk, dll. Juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan aromaterapi alami, Seperti aromaterapi alami dari kulit jeruk, daun pandan, kopi dll. Dulu waktu sekolah pernah mempraktekkan aromaterapi alami ini dalam tugas sekolah, sekiranya hal ini jika dimanfaatkan dengan serius akan menghaslkan, juga dapat memberdayakan orang lain dalam proses pembuatannya.

            Contoh cara pembuatan aroma terapi dari kulit jeruk :

Pertama-tama siapkan kulit  jeruk nipis atau kulit lemon, rebus dengan dengan campuran minyak, sayur dan minyak zaitun tambahan sedikit air dengan api kecil, lalu tuangkan ke botol atau wadah. Untuk menambah ketajaman aroma dapat menambahkan ekstrak jeruk.

            Cara lain seperyi, potoh jeruk menjadi 2 bagian, kearkan buahnya dengan menisakan batang buah, lalu masukkan minyak zaitu, dan minyak sayur secukupnya diamkan selama 20 menit, lalu nyalakan batang buah menggunakan pematik dan aromaterapi kulit jeruk siap digunakan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI KI HAJAR DEWANTARA

BIOGRAFI DOUWES DEKKER